AKSI NYATA MODUL 1.1. PGP Filosofi Pendidikan nasional - KI HAJAR DEWANTARA

 

 


PGP-1-KAB.CILACAP-TRIYANTO-19-C2
https://www.youtube.com/watch?v=x0odvn0aBfQ&feature=youtu.be
 

AKSI NYATA MODUL 1.1. 

FILOSOFI PENDIDIKAN NASIONAL KI HAJAR DEWANTARA

’ ANAK – ANAK HIDUP DAN TUMBUH SESUAI KODRATNYA SENDIRI.

PENDIDIK HANYA DAPAT MERAWAT DAN MENUNTUN TUMBUHNYA KODRAT ITU ‘

Pada pelaksanaan Aksi Nyata Modul 1.1, Aksi nyata CGP, sebagai berikut ;

1.  Pembelajaran berdeferensial, artinya pembelajaran yang berpusat terhadap peserta didik, dalam hal ini merujuk dari filosofi KI HAJAR DEWANTARA, bahwasannya kita sebagai pendidik adalah sebagai among yang menuntun dan mengarahkan laku anak didik supaya dapat tumbuh kembang dengan kekuatan kodratnya.



Pada proses pembelajaran CGP mengunakan model dan metode pembelajaran Inkuiri Learning dan Project Based Learning ,salah satu model pembelajaran yang memberikan kesempatan belajar yang seluas-luasnya terhadap peserta didik, proses pelakasanaan 5M dalam kegiatan belajar dan mengajar menuntun peserta didik untuk aktif dan menggali sejauh mana kemampuan peserta didik untuk bereksplorasi, sehingga kesempatan belajar yang seluas- luasnya tercipta.

2. Pemanfaatan media IT, bahwa pendidikan bergerak dinamis sesuai dengan kodrat zaman, artinya pada era digital abad 21, pendidik dituntut untuk dapat memanfaatkan media IT sebagai sarana penunjang dalam proses kegiatan belajar dan mengajar, sehingga terjadinya transformasi pengajaran berbasis digital yang dapat menumbuhkan proses pembelajaran yang lebih menarik, lebih inovatif dan kreatif, sehingga minat dan motivasi belajar peserta didik bertambah.

Pada pelaksanaan proses kegiatan pembelajaran CGP memanfaatkan media IT, seperti; laptop, android, aplikasi – aplikasi pembelajaran, PPT , sumber internet, youtu be, google dan sejenisnya dalam rangka mendukung pendidik dalam pengembangan diri dalam rangka menciptakan sebuah pembelajaran yang menarik, inovatif dan kreatif, dengan tidak meninggalkan unsur – unsur budaya nasioanal dan budaya lokal.

Hasil pengembangan diri dari CGP dalam pengembangan dirinya dalam pemanfaatan media IT sebagai sarana penunjang kegiatan belajar mengajara antara lain ; pembuatan video pembelajaran , pembuatan animasi, cerita bergambar, PPT, dan lain sebagainya.

Posting Komentar

0 Komentar